Pages

Senin, 04 Maret 2013

Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Sahabat MyHealth di negara kita mungkin buah kiwi belum familiar atau belum semua orang mengenalnya.Nah sekarang saya akan memberikan sedikit ulasan tentang buah kiwi dan manfaatnya.

Kiwi adalah sejenis buah beri dengan kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa dan hibrida antara ini dan spesies pada genus Actinidia. Actinidia asli berasal dari Shaanxi, Cina. Buah kiwi yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam. Buah ini kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.

Buah ini awalnya bernama Gosberi Cina, buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing pada tahun 1950-an, menjadi melonette, kemudian kiwi. Nama buah ini berasal dari burung kiwi, yaitu burung yang tak bisa terbang dari Selandia Baru.



Berikut ini adalah beberapa rangkuman tentang manfaat buah kiwi bagi kesehatan:
  • Buah kiwi bermanfaat bagi kesehatan kulit karena mengandung vitamin E.
  • Buah kiwi dapat mencegah akumulasi deposito plak pada dinding arteri sehingga membantu meningkatkan kesehatan kardio vascular.
  • Dalam buah kiwi terdapat ion potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Buah kiwi merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang dapat melawan penyakitkanker, karena buah ini memiliki kandungan flavonoid, nutrisi nabati, dan karotenoid. Antioksidan juga dapat membuat antialergi, antiperadangan dan juga melawan bakteri: Staphylococcus dan E-coli, yang membuat manusia keracunan makanan.
  • Buah kiwi dapat mencegah penyakit katarak dan menjaga kesehatan mata karena dalam buah tersebut terdapat kandungan senyawa lutein.
  • Buah kiwi dapat menghindarkan kita dari serangan asma, sesak napas, serta batuk pada anak-anak.
  • Buah kiwi memiliki kandungan enzim actinidin yang mampu melunakkan daging dan memecah protein.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar