Pages

Minggu, 03 Maret 2013

Sejuta Manfaat Daun Sirih

              

Selamat siang semuanya,lama tidak memposting lagi,maklum pelajar banyak tugas,hehe pada siang ini saya akan memberikan sedikit pengrtahuan kepada kalian semua mengenai beberap manfaat dari banyak manfaat daun sirih.Pasti sudah tidak asing lagi buat kalian semua dan pastinya sudah familiar di masyarakat apa itu daun sirih?Nah ternyata dari setiap lembar daun sirih itu sangat banyak mengandung manfaat bagi kesehatan kita,mari kita simak aja:

Sebenarnya daun sirih ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Terutama manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa kandungan yang terdapat pada minyak atsiri yang dihasilkan oleh daun sirih adalah minyak terbang (betiephenol), seskuiterpen, pati, diastase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, aktioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Penelitian terhadap tanaman sirih merah sampai saat iini masih kurang terutama dalam pengembangan sebagai bahan baku untuk bio-farmaka. Selama ini pemamfaatan sirih merah di masyarakat hanya berdasarkan pengalaman yang dilakukan secara turun-temurun dari orang tua kepada anak atau saudara terdekat secara lisan. Di Jawa, terutama di Kraton Yogyakarta, tanaman sirih merah ini telah dikonsumsi sejak dahulu untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Selain itu tanaman sirih merah mempunyai manfaat menyembuhkan penyakit ambeien, keputihan dan bisa digunakan sebagai obat kumur, karena alkaloid di dalam sirih merah inilah yang berfungsi sebagai anti mikroba.

Khasiat daun sirih merah ini digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan, karena salah satu khasiat dari daun sirih merah adalah sebagai antiseptic. Yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan untuk membilas organ kewanitaan. Dan khasiat lainnya seperti obat tradisional untuk mengatasi penyakit seperti kencing manis, kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan, maagh, dan masih banyak lagi. Air rebusannya yang mengandung antiseptic digunakan untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan menyembuhkan penyakit keputihan serta bau tak sedap.

Bahkan khasiat dari daun sirih merah ini sudah benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat secara turun-temurun oleh masyarakat Yogyakarta. selain itu menurut keyakinan orang Jawa, daun sirih merah ini juga mampu mengobati berbagai jenis penyakit lainnya seperti ambeien, sebagai anti mikroba dan sering juga digunakan sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut kita. Untuk mengkonsumsi daun sirih merah ini sangatlah mudah, dengan merebus daun sirih merah ini dan sisakann airnya sampai satu gelas dan kemudian meminumnya secara rutin. Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun sirih merah yang sangat membantu menyembuhkan berbagai penyakit dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Meskipun yang diseduh cuma satu lembar daun, namun pahitnya pol tenan dan warnanya menjadi hitam, karena saya juga sudah pernah meminumnya.

Sirih merupakan salah satu jenis daun yang kaya akan khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. itu dikarenakan zat-zat yang terkandung di dalam sirih ini merupakan beberapa zat yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menghindari berbagai penyakit. Sejak dulu memang sirih merupakan salah satu tanaman yang memang sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Selain bersifat antiseptic, sirih merah juga bisa dipakai untuk mengobati penyakit diabetes, dengan meminum air rebusan sirih merah setiap hari akan menurunkan kadar gula darah sampai pada tingkat yang normal.

Manfaat dalam daun sirih merah memang belum begitu banyak, semoga semakin banyak penelitian yang dapat mengungkap khasiat tersembunyi yang ada pada tanaman ini. Bukankah setiap ciptaan Tuhan selalu memiliki manfaat untuk manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar